CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 05 Mei 2013

Pentingnya Semangat Bekerja


Materi IPS kelas 3 SD semester 2
SK :     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.
KD :     2.2 Memahami pentingnya semangat kerja.

            A. Pentingnya Semangat Bekerja
        Kebutuhan manusia bermacam-macam. Ada kebutuhan pokok. Misalnya pakaian, makanan, rumah. Kebutuhan pokok wajib dipenuhi. Selain itu ada juga kebutuhan sekunder. Kalian tentu dapat menyebutkannya. Manusia harus bekerja. Untuk memenuhi kebutuhan. Bekerja dengan disiplin. Jujur dan bertanggung jawab.
1. Alasan Orang harus Bekerja
        Pada dasarnya, kebutuhan manusia dapat dibedakan atas dua macam. Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani berupa makanan, pakaian, dan perumahan. Kebutuhan makanan, pakaian, dan perumahan disebut kebutuhan pokok (primer). Kebutuhan rohani berupa pendidikan kesehatan, hiburan, dan lain-lain. Kebutuhan ini disebut kebutuhan sekunder. Untuk memenuhi kebutuhan harus bekerja. Untuk memenuhi kebutuhan hidup. Terutama kebutuhan pokok (primer). Pekerjaan disesuaikan kemampuan. Keterampilan yang dimiliki. Tanpa bekerja sulit memenuhi kebutuhan.
2. Pentingnya Memiliki Semangat dalam Bekerja
        Pengetahuan dan keterampilan diperlukan. Untuk mendapatkan pekerjaan. Diperlukan semangat. Disiplin, jujur, dan bertanggung jawab. Itulah kunci kesuksesan seseorang.
3. Contoh Ciri-Ciri Semangat Bekerja
a. Suka Bekerja Keras
        Seseorang yang memiliki semangat bekerja, suka kerja keras. Dia pantang menyerah. Tidak mudah putus asa. Dia juga memiliki rasa tanggung jawab.


b. Disiplin
        Melakukan pekerjaan harus disiplin. Waktu itu sangat berharga. Kita harus disiplin menghargai waktu. Misalnya waktu belajar dimanfaatkan untuk belajar. Waktu istirahat dimanfaatkan untuk istirahat. Siswa yang disiplin akan mematuhi tata tertib di sekolah. Di rumah pun demikian.
c. Jujur
        Perilaku jujur wajib dimiliki. Seseorang dihargai karena kejujurannya. Kepercayaan berasal dari kejujuran. Oleh karena itu wajib berperilaku jujur. Kapan dan di manapun. Kalau ingin sukses dalam bekerja.
4. Akibat Tidak Memiliki Semangat Kerja
        Secara singkat telah dijelaskan di atas, bahwa kebutuhan manusia bermacam-macam. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia harus bekerja. Namun, untuk mendapatkan pekerjaan tidak mudah. Jumlah penduduk yang banyak, sementara
lapangan pekerjaan terbatas. Terjadilah persaingan dalam mendapatkan pekerjaan.
        Di samping itu, untuk mendapatkan pekerjaan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan. Tanpa pengetahuan dan keterampilan sulit mendapatkan pekerjaan.
Setelah mendapatkan pekerjaan. Perjuangan belum berakhir. Perjuangan semakin berat. Harus memiliki semangat kerja. Disiplin, jujur, dan bertanggung jawab. Apabila semangat tidak dimiliki, akan kehilangan pekerjaan. Di belakang kita banyak yang antri. Untuk mendapatkan pekerjaan. Mereka memiliki motivasi dan semangat tinggi. Kehilangan pekerjaan berarti pengangguran. Akhirnya, kita sendiri yang rugi.


0 komentar:

Posting Komentar